-->

Lewati Target Sensus Online, Bupati Bulukumba Terima Penghargaan BPS


Globalnewsindonesia,-Bulukumba, - Pemerintah Kabupaten Bulukumba menerima penghargaan dari Badan Pusat Statistik (BPS) atas response rate yang melebihi target pada pelaksanaan Sensus Penduduk (SP) Online yang gelar pada bulan Februari sampai Mei 2020 yang lalu.

Piagam penghargaan yang ditandatangani oleh Kepala BPS Dr. Suhariyanto diterima oleh Bupati Bulukumba AM Sukri Sappewali yang diserahkan oleh Kepala BPS Bulukumba, Mattaliu di Rumah Jabatan Bupati, Jumat 11 September 2020.

Selain menyerahkan piagam penghargaan, Mattaliu bersama jajarannya juga melakukan pendataan keluarga AM Sukri Sappewali dalam rangka Sensus Penduduk 2020 sebagai lanjutan dari Sensus Penduduk Online sebelumnya.

"Secara simbolis Sensus Penduduk lanjutan ini kita mulai dari keluarga bapak Bupati dan selanjutnya akan dilakukan di seluruh wilayah Bulukumba," kata Mattaliu.

Dijelaskannya, pelaksanaan SP2020 lanjutan dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia, dan ditargetkan selesai pada September tahun ini.

Untuk pelaksanaan sensus di lapangan, pihaknya menerjunkan 303 personil, yang terdiri dari 279 orang petugas sensus dan 24 orang Koordinator Sensus Kecamatan.

"Kami berharap Sensus Penduduk tahan kedua ini berjalan lancar dan berhasil, sehingga tidak satu pun jiwa terlewat dari pendataan sensus penduduk ini," harap Mattaliu.

Meski ada warga sudah melakukan sensus penduduk secara online sebelumnya, namun para petugas sensus, kata Mattaliu tetap mengunjungi yang bersangkutan untuk diverifikasi dan divalidasi, oleh karena siapa tahu ada penambahan atau pengurangan anggota keluarga setelah sensus online.

Sementara itu, AM Sukri Sappewali menyampaikan terima kasih atas penghargaan tersebut. Menurutnya, capaian melebihi target pada sensus online adalah partisipasi dan kerjasama yang baik dari berbagai pihak dalam melakukan sosialisasi yang massif sehingga warga Bulukumba aktif melakukan Sensus Online.

"Olehnya itu saya berharap pada Sensus Penduduk lanjutan ini, aparat pemerintah dan masyarakat ikut berpartisipasi mendukung suksesnya pelaksanaan sensus penduduk ini," ungkapnya.

Sensus Penduduk  merupakan momentum penting dalam rangka pendataan penduduk menuju satu data kependudukan Indonesia. Hasil dari sensus penduduk, lanjutnya sangat penting sebagai dasar dalam perencanaan pembangunan di berbagai sektor. ( Is )