-->

Dinas Kesehatan Kabupaten Purbalingga Bersama Relawan KKN UMP Gelar Rapid Test dan Sosialisasi Covid-19 di Pondok Pesantren SMP IT Tunjungmuli


GlobalNewsIndonesia.Com,-
Purbalingga,- Guna membantu kesiapan Institusi Pendidikan dalam menyongsong kenormalan baru di lingkungan sekolah, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Purbalingga Bersama Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN), Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) laksanakan Rapid Test di Pondok Pesantren SMP IT Tunjungmuli Desa Tunjungmuli, Kecamatan Karangmoncol, Kabupaten Purbalingga. Kamis (06/08/2020) lalu.

Rohayani S.Kep., Ns dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Purbalingga mengatakan bahwa kegiatan rapid test tersebut merupakan permohonan langsung resmi sekolah kepada kami agar segera mungkin dilaksanakan sebagai salah satu syarat pelaksanaan kegiatan belajar mengajar di masa transisi PSBB ke New Normal ini.

Merujuk pada surat permohonan yang dilayangkan oleh Pondok Pesantren SMP IT Tunjungmuli, jumlah santri sejumlah 152 anak, serta Guru/Ustad/Ustadzah berjumlah 20 orang.

Terkait tujuan dilaksanakannya rapid test, sekolah mengungkapkan bahwa agar memastikan ada tidaknya santri dan ustadz/ustadzah yang berasal dari luar jawa terpapar Covid-19 sebelum memulai pembelajaran kemudian hari.

Untuk hasil Rapid Test yang dilaksanakan, total 152 santri, dan 20 guru/ustadz/ustadzah dinyatakan non reaktif.

Rohli Winasih selaku Ketua KKN menuturkan, harapan dari kegiatan rapid test maupun sosialisasi bisa memberi pemahaman agar selalu waspada terhadap penularan Covid-19.

“ Diharapkan anak-anak yang merupakan penghuni mayoritas dipesantren dapat dengan sigap menghadapi pencegahan/menjaga diri dari covid-19 dengan menerapkan protokol kesehatan yang sudah diatur oleh pemerintah.” Katanya

Selain itu, dia mengucapkan terima kasih kepada pihak Dinas Kesehatan Kabupaten Purbalingga yang sudah berkenan memberikan kesempatan kepada Kelompok Mahasiswa KKN UMP Purbalingga 15 untuk berpartisipasi menyukseskan jalannya kegiatan tersebut.

“ Kami sangat berterima kasih kepada pihak Dinas Kesehatan Purbalingga yang sudah berkenan diberikan bantuan oleh KKN Purbalingga terkait pelaksanaan Rapid Test.” Ungkap dia

Tidak lupa dia juga mengucapkan terima kasih kepada Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Ika Yustina Rahmawati, S.E., M.Sc yang telah memberikan bimbingan dan masukan.

Sabrina, salah satu anggota KKN asal Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) tersebut mengungkapkan tentang sebab terlaksananya kegiatan ini bukan lain adalah tentang tingginya kesadaran setiap kalangan. Ia secara pribadi juga merasa senang bisa bersama-sama berjuang menghadapi pandemi ini.

Di waktu yang sama, Mahasiswa KKN Tematik Purbalingga 15  UMP secara khusus melakukan sosialisasi mengenai langkah-langkah mencuci tangan sesuai standar yang diterapkan WHO, sosialisasi himbauan tetap jaga jarak aman satu sama lain, dan tindakan pencegahan covid-19 lainnya. (ii/gyh)