-->

Pembentukan Bumdes Sumber Anyar Akan Segera terealisir

Kasi Perekonomian dan Pembangunan Kecamatan Mlandingan saat melakukan pembinaan Administrasi pembentukan BUMDES di Desa Sumber Anyar

Globalnewsindonesia.com,- Situbondo,-Kepala Seksi (Kasi) Perekonomian dan Pembangunan Kecamatan Mlandingan melakukan pembinaan administrasi pembentukan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Desa Sumber Anyar Kecamatan Mlandingan Kabupaten Situbondo. Rabu (30/07/2020).

Pembinaan tersebut di gelar di kantor Desa Sumber Anyar Kecamatan Mlandingan, yang di hadiri oleh Kepala Desa Sumber Anyar beserta perangkat desa, BPD, pendamping teknis Kecamatan Mlandingan, HIPPA, LPM Desa Sumber Anyar, serta Tim pembina BUMDES Kecamatan Mlandingan.

Kasi Perekonomian dan Pembangunan, Kecamatan Mlandingan  Samsul Munasir mengatakan, Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) seperti tertera dalam Peraturan Menteri Desa Nomor 04 Tahun 2015 merupakan sebuah badan usaha yang sebagian atau seluruh modalnya dimiliki oleh Desa melalui penyertaan secara langsung dari kekayaan Desa yang dipisahkan untuk  mengelola aset, jasa pelayanan, dan usaha lainnya untuk sebesar-besarnya kesejahteraan masyarakat Desa.


"Pembentukan BUMDes merupakan langkah yang dilakukan oleh pemerintah demi memajukan perekonomian khususnya untuk ekonomi pedesaan. Program untuk memajukan perekonomian pedesaan ini dilakukan oleh pemerintah dalam rangka mengentaskan kemiskinan warga desa Sumber Anyar serta mengajak seluruh masyarakat desa Sumber Anyar khususnya untuk menjadi desa yang lebih mandiri dalam memenuhi kebutuhan sehingga masyarakat desa dapat memaksimalkan potensi yang ada", katanya.

Samsul juga mengingatkan, Kepala Desa dan perangkatnya harus mampu menentukan usaha yang cocok untuk BUMDes dan mencari pengurus BUMDes yang benar-benar bisa memajukan BUMDes. Sehingga dana penyertaan modal Pemerintah Desa ke BUMDes tidak sia-sia.

"Harus ditentukan lebih dahulu usaha yang strategis dan bisa dikembangkan. Sehingga nanti usaha terus berkembang dan membawa dampak yang lebih baik untuk desa," imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Desa Sumber Anyar Suhardi mengatakan, BUMDes merupakan salah satu ujung tombak pengembangan ekonomi masyarakat sehingga harus terus dilakukan evaluasi baik dari pengurus maupun bidang usaha yang dijalankan.

"Dalam memajukan BUMDes dubutuhkan orang-orang yang memiliki kemauan yang besar dalam memenata dan mengatur keuangan. Saya berharap agar sistem pengelolaan bisa lebih cermat, lebih akurat dalam mengambil item usaha atau penyaluran dana", pungkasnya.
(Tofik).