-->

Basic Training DPN SAPU JAGAD, Perkuat Nilai-Nilai Dasar Perjuangan Organisasi


GlobalNewsindonesia.com-KARANGANYAR | - Dewan Pimpinan Nasional (DPN) SAPU JAGAD menggelar agenda basic training pembekalan anggota dengan tema, "Revitalisasi Peranserta Organisasi Ikhtiyar Membangun Peradapan Bangsa" di Lereng Gunug Lawu, Hotel Pringosari Tawangmangu Kabupaten Karanganyar, acara berlanjut dengan kondusif dan lancar. Jumat-Sabtu (3-4 Juli 2020).

Hadir dalam acara tersebut, Ketua Umum DPN SAPU JAGAD Yusuf Ahmadi, S.Ud, MA, Dewan Pembina Ir. Nadyanto MMfg, Ketua DPW Jawa Tengah Prabu Susilo Haryadi, Ketua DPW DIY Haris Nugroho, Ketua Pelaksana sekaligus Ketua DPD Sragen Totok Tri Haryanto. Seluruh Perwakilan anggota pengurus DPN/DPW/DPD SAPU JAGAD se Indonesia.

Agenda Pembekalan Anggota SAPU JAGAD berlangsung selama dua hari dengan berbagai pemateri dan tema untuk menguatkan identitas kader-kader Sapu Jagad. Dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Pembacaan Teks Pancasila, Pembacaan UUD 45, dan Sumpah Trisula Sakti yang di pimpin Sugiyatmoko selaku Panglima Komando Nasional Brigade 487 Sapu Jagad yang di ikuti para peserta.

Toto Tri Haryanto, Ketua DPD SAPU JAGAD Sragen selaku Ketua Pelaksana, menyampaikan rasa bangga atas terlaksana acara ini, dia katakan sangat bersyukur para anggota sapu Jagad hadir dari berbagai daerah.

Ketua Umum DPN SAPU JAGAD menegaskan kegiatan basic training seperti ini harus berputar dan bergulir hingga bisa sebulan sekali di setiap DPD/DPW SAPU JAGAD Seluruh Indonesia. "Inilah para pejuang di Ormas kita sapu jagad yang malam ini telah kita ucapkan sumpah Trisula sakti bersama, saling melindungi, saling menguatkan, saling membesarkan, sebagaimana tema kita hari ini, Revitalisasi Peranserta Organisasi Ikhtiyar Membangun Peradapan Bangsa" Tegas Ketua Umum DPN SAPU JAGAD.

Lebih lanjut, Yusuf memberi arahan untuk menjaga kekompakan dan keharmonisan setiap pengurus DPW/DPD SAPU JAGAD hendaknya memiliki empat unsur tokoh, seperti Abu bakar Abu Bakar Ash-Shiddiq orang yang di tuakan (sesepuh), Umar bin Khattab orang berani dan kuat, Usman bin 'Affan orang yang siap berkorban dengan hartanya. dan kemudian Ali bin Abi Talib yan memiliki kecerdasan tinggi.

"forum ini adalah forum belajar bersama, diskusi bersama agar kita memiliki bekal yang cukup, dengan organisasi Sapu Jagad bersama kita melanjutkan cita-cita bangsa dan negara" Ungkap Yusuf.

Kemudian sambutan Dewan Penasehat Nadyanto, memberi semangat dengan yel-yel kemerdekaan sebagai bentuk memberi semangat.

"Merdeka, merdeka, merdeka,"ucap Nadyanto yang di ikuti para peserta.

Dewan Pembina DPN SAPU JAGAD Nadiyanto memberi pencerahan makna dan kata, yang terkandung dalam Ormas SAPU JAGAD dan " Apa yang kita inginkan dan perjuangkan akan terwujud ini sesuai SK Saya, bukan suatu kebetulan yakni angka 010120, feeling saya mengatakan akan di turuti di wujudkan oleh Tuhan YME, " Papar Nadiyanto yang juga mengemban amanah sebagai ketua umum Asosiasi Wartawan Profesional Indonesia (AWPI).

Dia juga meminta jajaran di Sapu Jagad, untuk memiliki kunci 55, yakni 5K meliputi komunikasi, koordinasi, konsolidasi, Komitmen, dan Konsisten. Kunci 5 yang satunya healty (sehat), Strong (kuat), Trust (kepercayaan), Smart (Cerdas) dan Profesional.

"Jika kunci 55 kita akan sukses, dengan maju dan sejahtera, tujuan dari Organisasi untuk bisa menguatkan potensi diri membangun peradaban bangsa dan masyarakat" Kata Nadiyanto.
Sementara Panglima Komando Nasional Brigade 487 Sapu jagad Sugiyatmoko, menyambut dengan yel-yel selamat malam.

"Selamat malam ya coba di ikuti, selamat malam, malam, malam luar biasa, "Teriak Sugiyatmoko yang di ikuti para peserta penuh semangat.

Untuk kegiatan ini, Sugiyatmoko memiliki harapan besar, "Saya ingin bersama masyarakat, bermitra dengan lapisan masyarakat, ingin menjadi masyarakat biasa yang lepas dari dunia militer. Memiliki banyak kawan, satu musuh terlalu banyak namun ribuan kawan masih kurang untuk Sapu jagad harus kuat dan bersatu, "Jelasnya.

Di kesempatan yang sama Prabu Susilo Haryadi Ketua DPW Jawa Tengah sangat mengapresiasi kegiatan ini, dia kedepan ingin mengadakan acara serupa. Yakni pembekalan anggota basic training SAPU JAGAD di seluruh Kabupaten/Kota se Jawa Tengah.

"Semoga acara untuk DPW nanti saya ingin 15 kali lipat dari acara ini, agar sapu jagad bisa menjadi Ormas yang besar dan solid" Ujar Prabu.

Acara berlanjut penyampaian dari para pemateri, yang telah di siapkan untuk kegiatan ini dengan sesi tanya jawab. Agenda Basic Training Pembekalan Anggota SAPU JAGAD berlangsung 3-4 juli 2020. (Red)