-->

Asosiasi BPD Plumpang Gelar Rakercam, BPD Harus Bangkit


GlobalNewsIndonesia.Com,- Tuban,- Gelar Rapat Kerja Kecamatan (Rakercam), Asosiasi Badan Permusyawaratan Desa Nasional (ABPEDNAS) Kecamatan Plumpang Kabupaten Tuban, bahas penguatan peran Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dalam sistem Pemerintahan Desa, kemarin (29/07/2020).

Acara yang dikemas belajar bareng dan rapat komisi tersebut, turut dihadiri Pengurus ABPEDNAS Kabupaten Tuban, anggota BPD se Kecamatan Plumpang dan Pemerintah Desa Klotok.

Imam Syafi'i selaku Ketua BPD Desa Klotok mengatakan, dengan adanya Rakercam pertama Kecamatan Plumpang Kabupaten Tuban di Balai Desa Klotok ini, dapat memberikan nilai positif bagi anggota BPD se Kecamatan Plumpang khususnya, dan umumnya untuk masyarakat.

Pasalnya BPD merupakan wakil masyarakat yang dituntut pro aktif ikut mengawal dan menyalurkan aspirasi mereka.


Oleh karena itu, dengan aktifnya peran BPD di Desa, aspirasi masyarakat juga dapat tersalurkan.

Sementara Kepala Desa Klotok, Suhartoyo yang juga mantan BPD turut memberikan arahan kepada anggota BPD se Kecamatan Plumpang. Agar menjalin kemitraan dengan Pemerintah Desa dan selalu koordinasi dalam melaksanakan kegiatan di Desa.

"Saya selalu memberitahukan semua kegiatan di Desa kepada BPD. Jadi, marilah BPD menjadi mitra yang baik dengan Pemerintah Desa. Sangat disayangkan bila BPD tidak pro aktif", terang Kades.

Di lain sisi, Ikhwanudin Kaswan yang menjabat sebagai ketua Asosiasi BPD Kecamatan Plumpang, mengatakan dalam sambutannya, sudah saatnya BPD bangun dari tidur panjangnya. Keberadaan BPD harus menjadi penjembatan antara Pemerintah Desa dengan masyarakat.

"Hari ini saatnya BPD bangkit dan bangun dari tidur, kalau ada kendala & masalah ayo kita selesaikan bareng-bareng. Karena masalah itu akan mudah kita selesaikan, bila kita bersama-sama", tuturnya.

Setelah sambutan selesai, acara diambil alih oleh Suparno, dan dilanjut rapat kerja yang di bagi 3 komisi. Komisi A, komisi B, dan komisi C.

 Rapat yang membahas permasalahan dan harapan BPD di Desa tersebut, berlangsung kurang lebih satu jam.

Saat dikonfirmasi oleh GlobalNewsIndonesia.com terkait Rakercam ini, Suparno menjelaskan bahwa forum ini sebagai belajar bareng untuk memperkuat peran BPD dalam sistem Pemerintahan Desa.

Di akhir acara, Sugeng Arianto Ketua ABPEDNAS Kabupaten Tuban berharap kepada semua anggota BPD yang hadir, agar menjalankan tugas dan fungsinya sebagai lembaga pengawas di Desa. (Ysn)