Woo Syam pemuda Desa Orogading Berhasil Budidaya Tanaman Porang Melalui Daun -->

Iklan Semua Halaman

 


Jika ada yang mendapat intimidasi atau tindakan tidak menyenangkan lainnya dari anggota GNI, silahkan lapor ke redaksigni@gmail.com, untuk pengiriman berita kegiatan kampus, sekolah , sosial kemasyarakatan, lainnya silahkan di nomor center kami

 




Woo Syam pemuda Desa Orogading Berhasil Budidaya Tanaman Porang Melalui Daun

KIM(Kelompok Informasi Masyarakat)
4/01/2020

GlobalNewsindonesia.com-Bulukumba.; Salah satu pemuda di Desa Orogading, yang terletak di Kecamatan Kindang, Kabupaten Bulukumba Sul-Sel, berhasili mengembangkan tanaman porang dengan sistem kultur jaringan.

Inovasi di bidang pertanian yang dikembangkan pemuda desa mengingat, menjamurnya pula petani untuk budidaya tanaman tersebut di desa Orogading, itu dikarnakan iklimnya dengan kultur tanah yang berbukit dan masyakarat dengan mayoritas petani serta tanaman ini diangap menjanjikan.

Hal ini membuat salah satu pemuda Desa Orogading yang akrab disapa, Syam, berhasil menemukan inovasi yang lebih efisien untuk menghemat bibit Porang melalui daun.

Mengingat harga angka bibit (katak) semakin tinggi di kalangan para petani Porang,” kata dia.

Tamanan Porang atau di sebut tire dalam bahasa lokal di desa tersebut sudah menjadi primadona di kalangan para petani, mengingat tanaman tersebut mudah tumbuh dan tidak membutuhkan perawatan khusus.

Maka dari itu Syam Jaya mencoba bereksperimen, dengan sistem kultur jaringan melalui daun Porang yang dipotong lalu ditempatkan di tempat khusus dengan suhu tertentu dan intensitas cahaya yang cukup agar daun tetap hidup dan tidak kerin atau busuk.

“Karena kunci agar bisa tumbuh umbi dari daun yang telah di potong, daun harus tetap hidup walaupun sudah di potong dari tangkai,” ujar Syam.

Tanaman porang tersebut bisa tumbuh normal walaupun daun nya sudah di potong dari tangkai.

“Dalam jangka waktu kurang lebih 1 bulan maka umbi akan muncul dan keluar akar menandakan daun tersebut sudah jadi bibit dan siap dipindahkan ke media tanam yang suhu dan kelembaban yang stabil,” tutupnya. (*)

Penulis : Musawal Maud
Editor   : Abm