Rapid Test: 91 Warga Purwakarta Dinyatakan Negatif



GlobalNewsIndonesia.Com.Purwakarta. Sebagai upaya percepatan penanggulangan wabah virus corona di wilayah Kabupaten Purwakarta. Gugus Tugas Covid-19 setempat, hingga kini tengah melakukan rapid testing (pemeriksaan) dan tracing (pelacakan) bagi warga yang kontak erat dengan Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

"Pada Sabtu, 4 April 2020 kemarin, sebanyak 67 orang telah yang mendaftar online via Pikobar dan 24 Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan Orang Tanpa Gejala (OTG) telah dilakukan rapid test, dan hasilnya; Semuanya dinyatakan negatif," ujar Perwakilan Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Purwakarta, dr Elitasari Kusuma Wardani melalui pernyataan tertulisnya, Minggu (05/04).

Menurutnya, saat ini Purwakarta masih dinyatakan relatif aman, belum masuk zona merah maupun wilayah tansmisi lokal.

Untuk itu, sangat penting agar semua pihak tetap menjaga teritorial Purwakarta tetap kondusif. Warga diminta tetap melakukan upaya jaga jarak (physical distancing), agar tetap aman dan terhindar dari penularan Covid-19.

Selain itu, dr Elitasari juga mengumumkan perkembangan penyebaran Covid-19 di Purwakarta. Terdapat penambahan jumlah pada ODP, PDP dan yang positif di wilayah Kabupaten Purwakarta.

"Hingga hari ini, Minggu 5 April 2020, kami mencatat, terdapat 209 orang dalam pemantauan (ODP), 6 pasien dalam pengawasan (PDP) dan 3 orang yang terkonfirmasi positif covid-19, untuk yang meninggal dunia masih kosong," kata dr Elitasari.

Kilas Balik Covid-19 Purwakarta

Pada awal Maret 2020, Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Purwakarta mengumumkan terdapat satu pasien yang terkonfirmasi positif corona yang berasal dari Kecamatan Pasawahan.
Setelah melalui perawatan intensif di Rumah Sakit Paru Rotinsulu, Bandung, akhirnya pasien perempuan berusia 65 tahun itu akhirnya bisa dinyatakan sembuh.

Sejak itu, berbagai upaya penanggulangan penyebaran virus yang menjadi pandemik global itu terus dilakukan oleh jajaran Pemkab Purwakarta melalui gugus tugasnya.

Hingga 4 April 2020 kemarin, Gugus Tugas Covid-19 Purwakarta mencatat, terdapat 3 orang yang terkonfirmasi positif covid-19, dengan 1 orang dinyatakan sembuh (Ny. U, 65 tahun dari Pasawahan) dan 2 orang lainnya hingga kini masih dalam perawatan tim medis.

Sementara, untuk Pasien Dalam Pengawasan (PDP), Gugus Tugas Covid-19 Purwakarta, hingga 4 April 2020 mencatat sebanyak 20 PDP, dengan 15 orang dinyatakan sembuh (selesai status PDP-nya) dan sisanya kini, 5 orang PDP masih dalam perawatan tenaga medis.

Karena masih tingginya migrasi atau hilir mudik orang dari wilayah zona merah ke wilayah Kabupaten Purwakarta, mengakibatkan tingginya angka orang yang dinyatakan berstatus Orang Dalam Pemantauan (ODP).

Hingga 4 April 2020 kemarin, Gugus Tugas telah memantau sebanyak 361 ODP, dengan 160 berstatus selesai dipantau (tidak lagi ODP) dan yang masih dalam pemantauan sebanyak 201 ODP. (Mjn)


Total Pageviews