Antisipasi Corona Pemkab Lahat Siapkan Dana Rp.23 M Plus Lahan 1 Ha



GlobalnewsIndonesia.com ; Lahat,Sumsel – Ancaman virus Copid 19 (Corona-red) yang saat ini melanda Sumsel menjadi keseriusan Pemkab Lahat untuk ditangani, tak tanggung-tanggung dana sebesar Rp.23 Milyar plus lahan seluas Satu Hektare disiap kan sebagai antisipasi jika bencana Corona melanda Bumi Seganti Setungguan.
            Bupati Lahat Cik Ujang,SH mengatakan, ancaman virus Copid 19 sudah menjadi perhatian serius karenanya, diimbau kepada seluruh warga khususnya yanga ada diperantauan diharapkan untuk sementara tidak pulang kampung. Hal ini bertujuan agar dapat memutus mata rantai penyebaran virus Corona yang melanda disebagian Provinsi Sumsel saat ini.
            “Pemkab Lahat menyampaikan permohonan maaf kepada warga perantauan dari lahat yang belum bisa pulang agar jangan dulu pulang. Tim gugus tugas penanggulangan Covid 19 Lahat yang ditunjuk sudah standbay di pos pemantauan terpadu pintu masuk ke Lahat bakal melaksanakan pemeriksaan kepada seluruh penumpang kendaraan yang bakal masuk ke Lahat,”ujarnya.
Dijelaskannya, untuk biaya penanggulangan dianggarkan hanya sebesar Rp.3 Miliar rupiah selanjutnya ditambah lagi Rp. 20 miliar rupiah menjadi Rp. 23 Miliar mengingat pentingnya keselamatan warga Lahat. Bahkan secara pribadi bupati Lahat juga memberikan dana perjalanan dinasnya sebesar Rp. 500 juta rupiah dengan total keseluruhan Rp.23, 5 Milyar.

“Menyikapi beredarnya informasi di media sosial terkait hanya kabupaten Lahat yang menyiapkan dana penanggulangan covid 19 dengan dana tak terbatas. Bupati menjelaskan, dari dana yang dianggarkan sebesar 23,5 miliar rupiah kalaupun kurang Pemkab Lahat bakal kembali menyiapkan dana lainnya,”imbuhnya.
Ditambahkan CU, untuk pemeriksaan yang dilakukan merupakan bentuk antisipasi dan menjaga kenyamanan seluruh warga Lahat khususnya supaya terbebas dari penyebaran virus dimaksud. Sedangkan pos pemantauan ada tiga tempat yakni di Desa Muara Lawai, kecamatan Merapi timur, pos pantau di desa Muara Siban, kecamatan kota Lahat dan pos pantau di desa Batai, kecamatan kota Lahat, kabupaten Lahat. Di pos tersebut, tim gugus tugas dari TNI, Polri, Sat Pol PP, Dinkes serta Dishub siap melakukan pemeriksaan secara ketat.
“Kami berharap agar warga mematuhi himbauan pemerintah, jangan sampai tidak mematuhi dan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Kalaupun nanti memang Lahat termasuk daerah yang terpapar kita bakal memberlakukan karantina untuk Lahat,”pungkasnya.(Arm)


Total Pageviews