Pelindo 1 Tingkatkan Kewaspadaan Penyebaran Virus Corona Di Seluruh Pelabuhan -->

Iklan Semua Halaman

 


Jika ada yang mendapat intimidasi atau tindakan tidak menyenangkan lainnya dari anggota GNI, silahkan lapor ke redaksigni@gmail.com, untuk pengiriman berita kegiatan kampus, sekolah , sosial kemasyarakatan, lainnya silahkan di nomor center kami

 




Pelindo 1 Tingkatkan Kewaspadaan Penyebaran Virus Corona Di Seluruh Pelabuhan

Rj Samosir
3/06/2020

GlobalNewsIndonesia.Com -Belawan; Pelabuhan Indonesia I (Persero) terus meningkatkan kewaspadaan dan memperketat pengawasan terhadap pencegahan penyebaran Virus Corona (COVID-19) di seluruh pelabuhan yang menjadi pintu masuk ke Indonesia baik domestik maupun internasional yang sejalan dengan arahan Pemerintah dalam Surat Edaran Kementerian BUMN dengan Nomor SE-1/MBU/03/2020 tentang kewaspadaan terhadap penyebaran Virus Corona.

Pelindo 1 juga melakukan berbagai upaya pencegahan penyebaran virus untuk seluruh penumpang, awak kapal, dan seluruh pegawai serta stakeholders terkait di lingkungan Pelindo 1.

Upaya pengawasan yang dilakukan Pelindo 1 dilakukan sejak kapal akan bersandar di pelabuhan dengan bekerja sama dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) untuk melakukan pemeriksaan kesehatan ke seluruh awak kapal dan kapal dapat dilayani setelah berstatus bebas karantina.

Upaya ini diterapkan di seluruh pelabuhan milik Pelindo 1 yang meliputi provinsi Aceh, Sumatera Utara, Riau, dan Kepulauan Riau yang melayani bongkar muat cargo domestik maupun internasional terutama dari negara asal cargo (impor) yang terdampak Virus Corona.

Untuk area terminal penumpang, telah dipasang thermal scanner untuk pemeriksaan suhu tubuh para penumpang di seluruh terminal penumpang yang meliputi: Terminal Penumpang Tanjungpinang, Belawan, Tanjung Balai Karimun, Tanjung Balai Asahan, dan Dumai. Para penumpang yang turun dari kapal langsung dilakukan pemeriksaan suhu tubuh.

Pelindo 1 memasang papan informasi yang berisi tentang bahaya Corona Virus serta cara pencegahannya, menyediakan hand sanitizer serta membagikan masker kepada para penumpang.

Pelindo 1 terus berkoordinasi dengan KKP dan atau Dinas Kesehatan setempat, Bea Cukai, Karantina, Imigrasi, dan Kementerian Perhubungan melalui Otoritas Pelabuhan dan Kantor Syahbandar serta sejumlah instansi terkait lainnya dalam pengawasan dan pencegahan penyebaran Virus Corona.

Pelindo 1 mewajibkan seluruh petugas operasional dan para pandu untuk selalu menggunakan masker khusus, Alat Pelindung Diri (APD), kaca mata, dan sarung tangan dalam melakukan tugasnya.

Pelindo 1 juga melakukan sosialisasi antisipasi penyebaran Virus Corona kepada para pegawai di seluruh cabang Pelindo 1.

Upaya yang dilakukan meliputi: melakukan pemeriksaan suhu tubuh para pegawai saat memasuki wilayah kantor, mensosialisasikan tata cara mencuci tangan secara teratur, menyediakan hand sanitizer di beberapa tempat, memasang poster informasi, menghimbau kepada pegawai yang terkena batuk dan flu untuk menggunakan masker serta mengambil cuti bagi yang sakit, dan menangguhkan perjalanan ke luar negeri terutama ke negara yang terdampak COVID-19.

SVP Sekretariat Perusahaan Pelindo 1 M. Eriansyah menerangkan bahwa berbagai upaya pencegahan penyebaran Virus Corona telah dilakukan Pelindo 1 sejak awal tahun 2020.

“Pelindo 1 turut aktif dalam melakukan pengawasan dan sosialisasi pencegahan penyebaran Virus Corona di lingkungan Pelindo 1 baik itu untuk awak kapal, penumpang, pegawai, dan juga melalui media sosial untuk masyarakat umum. Pelindo 1 terus mendukung pemerintah dalam upaya penanganan dan pencegahan wabah Corona,” terang M. Eriansyah.
(Rj Samosir)