Lantik Pejabat Lingkup Pemda Matim, Wabub: Pejabat Harus Menunjukan Kualitas Diri -->

Iklan Semua Halaman

 


Jika ada yang mendapat intimidasi atau tindakan tidak menyenangkan lainnya dari anggota GNI, silahkan lapor ke redaksigni@gmail.com, untuk pengiriman berita kegiatan kampus, sekolah , sosial kemasyarakatan, lainnya silahkan di nomor center kami

 




Lantik Pejabat Lingkup Pemda Matim, Wabub: Pejabat Harus Menunjukan Kualitas Diri

3/05/2020


GlobalNewsIndonesia.com- Manggarai Timur, Wakil Bupati Matim Drs. Jaghur Stefanus melakukan pelantikan dan pengambilan sumpah janji jabatan pejabat pimpinan tinggi pratama pejabat administrator dan pejabat pengawas lingkup Pemda Matim tahun 2020. Pelantikan ini berlangsung di ruang rapat lantai dua kantor Bupati Rabu, (4/03/2020).

Dalam kesempatan tersebut Wabub Jaghur menjelaskan, kegiatan pelantikan dan mutasi pejabat disetiap Instansi pemerintah adalah bagian dari kebutuhan organisasi dalam rangka peningkatan kapasitas karier pegawai sekaligus untuk lebih memperlancar pelaksanaan tugas-tugas pemerintahan dan pelayanan kemasyarakatan.

"Pelantikan ini hendaknya dimaknai terutama dari sudut kepentingan organisasi, bukan sekedar penempatan figur-figur pejabat pada jenjang jabatan dan kepentingan tertentu", kata Wabub Jaghur

Wabub Jaghur menjelaskan, pembenahan dan pemantapan organisasi dalam rangka meningkatkan kinerja dan penyelenggaraan tugas serta pelayanan yang maksimal.Pertimbangan utama yang digunakan dalam menentukan jabatan bagi setiap pegawai adalah kompetensi, pengabdian dan komitmen terhadap tugas serta tanggung jawab kepada negara.

Oleh karena itu, lanjutnya, setiap pejabat hendaknya mempunyai kemauan yang kuat untuk memiliki wawasan yang luas dan dapat menjadi roda penggerak organisasi.

"Hari ini kita telah menyaksikan secara bersama pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan pejabat pimpinan tinggi pratama, pejabat administrator dan pejabat pengawas.

Perlu saya informasikan bahwa pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan pejabat pimpinan tinggi pratama hari ini berdasarkan atas hasil rekomendasi dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) yang tertuang dalam Surat Nomor: B-4088/KASN/11/2019, tanggal 28 November 2019, perihal Rekomendasi Hasil Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Manggarai Timur".

Diktakannya, kegiatan pelantikan dan pengambilan sumpah hari ini tidak menghilangkan esensi penting dari penetapan sudarai saudari sebagai pejabat di instansi pemerintah daerah pertimbangan kualiflkasi, kompetensi dan kinerja tetap merupakan dasar yang ditetapkan untuk mengangkat suadara saudari dalam jabatan sekarang.

Karena itu kalian dituntut untuk lebih menunjukan kualitas diri yang diwujudkan dalam pelaksanaan tugas harian dan khususnya tugas dan pelayanan yang berkaitan dengan kebutuhan dasar masyarakat Manggarai Timur.

Wabub Jaghur berharap, pelaksanan tugas pemerintahan ini tidak dilihat sebagai rutinitas semata-mata tetapi lebih jauh dilihat sebagai tanggung jawab sebagai aparatur sipil negara dan sekaligus pelayan masyarakat agar kesejahteraan dapat tercapai.

"Hari ini bapa ibu dilantik untuk mengemban tugas dan tanggung jawab yang besar. Tugas dan jabatan yang diamanahkan kepada saudara saudari adalah kepercayaan dan kehormatan, namun di sisi lain merupakan tantangan yang harus dihadapi", tutur Wabub Jaghur

Pada kesempatan itu, Wagub Jaghur meminta kepada seluruh ASN yang dilantik untuk laksanakan amanah yang mulia ini dengan penuh ketulusan, kejujuran, dan tanggung jawab untuk mencapai cita-cita dan tujuan kita bersama yakni membangun Manggarai Timur yang lebih sejahtera, berdaya dan berbudaya.

Apapun tanggung jawab kita dan sebesar apa pun amanah yang dibebankan kepada kita, kita harus mampu mempertanggung jawabkannya tidak hanya kepada pimpinan, masyarakat, diri sendiri dan keluarga, tetapi juga kepada Tuhan YME, jelasnya

Wabub Jaghur menegaskan kepada seluruh pejabat yang dilantik hari ini untuk memperhatikan hal-hal berikut;
Pertama, segeralah lakukan adaptasi terhadap tugas pokok dan fungsi jabatan masing-masing, serta bangun koordinasi, komunikasi dan kerja sama efektif secara berjenjang, baik dengan pimpinan maupun dengan atasan.

Kedua, perlu kita sadari bahwa tugas pelayanan bukanlah pekerjaan yang mudah, apalagi kebutuhan dan kepentingan masyarakat semakin meningkat dan beragam.

Oleh karena itu, segera pelajari dan pahami tupoksi serta lingkungan kerja masing-masing secara cepat dan akurat sehingga proses adaptasi pegawai berjalan secara cepat juga perlu tingkatkan motivasi dan semangat kerja,sehingga tugas-tugas yang telah dipercayakan dapat dilaksanakan dengan baik.

Ketiga, untuk Pejabat yang baru dilantikt/hendaknya selalu mengayomi dan melindungi jabatan di bawahnya, terutama dalam memberikan arahan, sehingga mereka dapat melaksanakan tugasnya dengan baik. Jabatan yang saudara emban bukanlah hak tetapi kepercayaan yang diberikan oleh pimpinan dan juga merupakan sebuah amanah yang kelak hams dipertanggungjawabkan baik di dunia maupun di akhirat.

Keempat, ciptakan suasana kerja yang kondusif dan pupuk kerja sama yang baik diantara pimpinan dan staf di lingkungan unit kerja Bapak Ibu sekalian.(Dhar)