Agar Tepat Sasaran, Dinsos Pagaralam Akan Memasang Stiker dirumah Penerima PKH dan BPNT


GlobalNewsIndonesia.com -Pagaralam; Perhatian Pemerintah pusat didalam upaya pengentasan angka kemiskinan terus digaungkan dengan berbagai program kongkrit dan pro rakyat.

Walaupun secara fakta masih banyak ketimpangan dan ketidaksesuai data penerima, indikator layak dan tidak layak sering jadi perdebatan, dan mental 'Memiskinkan Diri' oleh oknum masyarakat masih sangat Dominan ditengah ketidakvalidan data penerima Bantuan.

Dihubungi beberapa waktu yang lalu, Kabid Rehabilitasi dan Pemberdayaan Sosial Kota Pagaralam Buraqqo Bangun,SP,.MM menjelaskan, bahwa perubahan dan validasi data penerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) sudah dalam tahap Proses pengusulan.

"Bulan April mudah-mudahan akan ada perubahan data penerima bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan Bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) di wilayah Pagaralam", tutup Bangun.

Sementara Koordinator Kota Pendamping Program BPNT Egi Prayoga pada kegiatan sosialisasi kepada Agen Penyalur (4/2/20) mengatakan bahwa kedepan sinergi antara agen penyalur dimasing-masing kelurahan dan pendamping akan di intensifkan agar verifikasi data penerima dapat benar-benar valid dan bantuan dapat disalurkan kepada masyarakat yang memang berhak.

Mekanisme Penunjukkan agen pendistribusian BPNT disetiap kelurahan salah-satunya untuk mengetahui kondisi langsung para KPM, sehingga agen disetiap keluarahan dapat memberikan catatan untuk perubahan data kedepan, dengan tetap mengacu pada tahapan verifikasi di lapangan yang melibatkan pejabat terkait.

Fakta dilapangan, seringkali KPM mengambil bantuan di agen luar domisilih KPM agar tidak ketahuan kalau yang bersangkutan sudah masuk kategori mampu, tetapi enggan mengembalikan kepesertaan kepada yang lebih berhak, padahal tujuan penyebaran agen disetiap kelurahan untuk memangkas biaya transport, walaupun secara aturan KPM 'bebas' untuk mencairkan dimana saja. Tutup egi.

Ditemui pada saat melakukan pengawasan distribusi BPNT di kelurahan Karang dalo (24/2) Bujang Abdullah, pendamping Tingkat Kecamatan program PBNT menuturkan hal yang sama, pendamping dan dinas Sosial Kota Pagaralam komit akan melakukan verifikasi data penerima bantuan, karena sudah ada beberapa usulan tentang perlunya pemutahiran ulang para penerima bantuan pemerintah.

Bujang Abdullah, Pendamping Dempo Tengah saat melakukan monitoring Pendistribusian BPNT

Sinergitas antara agen penyalur bantuan, RT, RW dan pendamping diharapkan dapat memfilter dan mensortir data  penerima bantuan agar tepat sasaran. Pungkas Bujang.

Dilansir dari britabrita.com, Kepala Dinsos Kota Pagaralam Herawadi S.Sos mengatakan pemasangan tanda atau merek dinilai penting demi tranparansi sekaligus untuk memastikan bahwa program bansos ini tepat sasaran.
“Di tahun ini, kami berencana memasang semacam tanda berupa tulisan di rumah-rumah penerima bansos PKH maupun BPNT untuk memastikan program-program ini benar sampai kepada yang berhak menerimanya dan tepat sasaran, tetapi kami masih menunggu produk Hukum sebagai landasan dari pemasangan stiker tersebut, ”ujarnya (25/2/2020). (TIM)

Total Pageviews