KEBUDAYAAN NEGERI BUPOLO (BURU)BAGIAN DARI ASET KE ARIPAN LOKAH BERSEJARAH. -->

Iklan Semua Halaman

 


Jika ada yang mendapat intimidasi atau tindakan tidak menyenangkan lainnya dari anggota GNI, silahkan lapor ke redaksigni@gmail.com, untuk pengiriman berita kegiatan kampus, sekolah , sosial kemasyarakatan, lainnya silahkan di nomor center kami

 




KEBUDAYAAN NEGERI BUPOLO (BURU)BAGIAN DARI ASET KE ARIPAN LOKAH BERSEJARAH.

11/29/2019

Globalnewsindonesia.com -Buru; Tradisi Kebudayaan yang hampir Pupus di mata masyarakat Negeri Bupolo ( Buru) dan ada juga  yang masih di kembangkan, akan tetapi tidak di ketahui masyarakat,ungkap Kepala Dinas Pendidikan dan kebudayaan kabupaten Buru, ( Ibrahim Umasugi),Sesaat di komperensi Pers, dengan pihak Media pada tanggal 28 -nopember 2019.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Negeri Bupolo (Buru),dalam kesempatan pertemuan dengan Para Seniman di Aula Dinas P&K.

Maka kemudian melalui Program Gerakan Seniman  Masuk Sekolah ( GSMS)dari Dinas P & K , di Bidang Seni Budaya, akan Merekrut bekerja sama fngan Para Seniman, guna mengembangkan Kebudayaan yang hampir Pupus atau terlupakan, agar senantiasa di gali kembali di kembangkan kepermukaan masyarakat, di programkan dalam kegiatan Pagelaran secara Kongrit,Oleh Para Seniman Budaya  melalui (GSMS),yang terlebih dahulu di laksanakan pada 4 Sekolah tahun 2019, dan akan di Rekrut kembali 21 Sekolah.

Ungkap' Kepala Dinas Pendidikan, bahwa , (GSMS)  adalah bagian dari Usaha yang sangat mendukung dan telah mempriolitaskan keterbatasan Sekolah dalam menghadirkan  Para Guru/Tutor Seni Budaya  yang selama ini menjdi hambatan Sekolah.

GSMS' ujar' Kadis, merupakan salah satu Program penguatan karakter, nantinya di harapkan bisa bekerja sama antara Seniman dan Bhdan Kebudayaan, sehingga Kebudayaan dan Seni di Negeri Bupolo ( kabupaten Buru) tercinta, dapat di kembangkan di ketahui masyarakat.

Di sela-sela yang sama, Kepala Bidang Kebudayaan , Dinas pendidikan ( Ibu Joharia  Tan S.pd, yang sempat di wawanarai para media yang hadir, Beliau menjelaskan bahwa; Kebudayaan Lokal merupakan bagian tesenting di dalam menanamkan rasa bermasyarakat, oleh karena itu, pengembangan ke masyarakat, akan di usahakan Injentifikasi, Elemen- Eldmen fertikal dasar dari ke Aripan Lokal  tersebut.

Kemudian berbagai kegiatan pengembangan terhadap Seni dan Budaya, akan di terapkan ke Sekolah- Sekolah dan Sanggar- sanggar, yang ada di Negerh Bupolo tercinta , sehingga hal ini di jadikan materi satu fmgan yang  memang di angkat dari K e Aripa  lokal, yang ada di Negeri Bupola tercinta ini demikian Ujar, Ibu Kabid Seni dan Budaya----- kembali      
Menambahkan.

Dalam Pagelaran Budaya Lokal,yang di Kemas secara Proesinal oleh Kabidang Kebtdayaan, yang bekerja sama dengan Konsultan, Khususnya yang berhubungan Kebudayaan yaitu; Saudara Taib Tan, Pagelarjn tersebut menampilkan berbagai Tarian Seni Budaya Adat, yan ada di Negeri Bupolo ini Kemasan Multikuktur, yang di tampilkan, menunjukan suatu perbedaan karakter dalam masyarakat akan tetapi , mempertahankan Identitas Budaya yang berbeda

Kepala Bidang Kebudayaan , berharap'  dengan adanya Kontes Pagelaran ini, Masyarakat bisa memahami suatu perjuangan dalam mempertahankan Kemerdekaan, yang di dalam memiliki nilai-nilai Budaya.

 Kepala Bidang  menuturkan. Untuk di ketahui bahwa  ; di Negeri Bupolo ( Kabupaten Buru) ini selain tersebar berbagai Seni budaya, di kenal juga sebagai Kota Perjuangan, yang mana telah terjadi berbagai peristiwa, Sejarah yang sangat Heroik, dan Fenomenal,  di antaranya peristiwa; Perobekan Bendera Merah Putih, Pengibaran Bendera Merah Putih, penjahitan Bendera  yang ke Dua setelah Bendera Pusaka, kemudian Pendaratan TNI, pertama di Provinsi Maluku, serta sederetan Peristiwa Penting lainya di Buru.

Selain itu ada peristiwa  Pembuangan ParawTapol/ Napol, hal yang demikian ini yang menbuat  beberapa  Kepala Negara pernah berkunjung  ke pulau Buru , seperti Bung  Karno, Bambang Susilo y, Joko widodo, ujar nya.

Kemudian pihak media mewanarai  mennyempatkan  berapa Seninan Muda di antaranya, Seniman yang meraih juara satu tingkat Nasional, di Ipen bidang Sosial , kebudayaan, dan  Seniman yang menjadi Duta internasional PBB, ditambah dengan para seniman Lokal tingkat Provinsi Maluku  juara terbaik, sungguh luar biasa , meliki Putraan Putri Terbaik Sebgai Anak bangsa membawa Almamater Buru dimata Dunia internasional.

Harapan dari para Seniman , agar Pemeritah Daerah bisa memperhatikan Para Seninan dalam meniti Karir Kedepan  demi membawa nama Daerah Buru kedepan yang lebih di kenal seni budayanya  se antero jagat, ungkap nya.
* M H K  &  HA