Inovasi Layanan Kesehatan RSUD Prof Dr. Anwar Makkatutu Kabupaten Bantaeng -->

Iklan Semua Halaman

 


Jika ada yang mendapat intimidasi atau tindakan tidak menyenangkan lainnya dari anggota GNI, silahkan lapor ke redaksigni@gmail.com, untuk pengiriman berita kegiatan kampus, sekolah , sosial kemasyarakatan, lainnya silahkan di nomor center kami

 




Inovasi Layanan Kesehatan RSUD Prof Dr. Anwar Makkatutu Kabupaten Bantaeng

10/31/2019

Global News Indonesia-Bantaeng; Inovasi baru di bidang layanan kesehatan RSUD Prof Dr. Anwar Makkatutu Kabupaten Bantaeng melaunching program Rawat Jalan dengan Sistem Manajemen dan Informasi Layanan Excellent (RAJA SMILE) pada Selasa, 1 Oktober 2019.

Layanan ini bakal mempermudah bagi para pasien lama di RSUD tersebut untuk tidak lagi berlama-lama mengantri.

Kabid Pelayanan Medik RSUD Anwar Makkatutu Bantaeng, dr. Hikmawaty mengatakan, pihaknya harus terus menjawab tantangan yang ada. Apalagi, saat ini rumah sakit yang bertaraf internasional itu mengalami peningkatan jumlah kunjungan rawat jalan dari tahun ke tahun dan menjadi rumah sakit primadona di selatan-selatan

“Peningkatan jumlah kunjungan rawat jalan ini harus direspon dengan adanya penataan sistem layanan yang sesuai dengan ekspektasi dan harapan masyarakat. Masyarakat mau adanya pelayanan yang cepat dan tepat,” kata Hikma.

Sehingga adanya layanan berbasis aplikasi ini akan mengurangi durasi bagi pasien rawat jalan untuk mengantri.

Biasanya, kata dia, masyarakat lama mengantri karena pihak RSUD harus mencari terlebih dahulu berkas atau rekam medik para pasien.

“Nah dengan adanya ini, mereka (pasien) untuk melakukan kunjungan awat jalan bisa dengan mudahnya melakukan registrasi sehari sebelumnya. Misalnya ada yang mau melakukan kunjungn di tanggal 2 Oktober, itu bisa melakukan registrasi di tanggal 1 Oktober dan setelah registrasi tim kami akan mempersiapkan berkas rekam mediknya beserta kelengkapan administrasi pasien,” jelasnya.

“Sehingga keesokan harinya, pasien yang sudah melakukan registrasi online sisa memperlihatkan kode booking. jadi itu kan sangat efisien,” lanjutnya.

Selama masa uji coba, pada awal Oktober ini, pasien yang menggunakan registrasi yang terhubung ke aplikasi, mereka menyatakan bahwa memanfaatkan layanan ini sangat tepat karena tidak lagi lama menunggu. Bakan sistem ini  juga membantu pasien bisa mengatur jadwal kedatangan di RSUD Bantaeng.

“Karena begitu usai melakukan registrasi ,langsung mendapat kode booking atau nomor antrean. Sehingga para pasien bisa memprediksi kapan harusnya ada di RSUD Bantaeng. Karenakan biasanya jika menggunakan sistim offline, maka mereka harus datang lebih awal guna mendapat nomor antran paling cepat.” kuncinya.

Seperti diketahui, dengan adanya layanan ini, pasien lama akan diberikan segala kemudahan proses registrasi.

Terlebih, pihak RSUD juga memberikan prioritas bagi orang tua (lansia), ibu menyusui, yang membawa anak, ibu hamil, serta penyandang disabilitas agar didahulukan ketika mengantri ketika berkunjung di RSUD Anwar Makkatutu Bantaeng. (Abm)

Penasaran yuuk kilp vidionya.