Babinsa Cawas ikuti latihan dan lestarikan budaya Tradisional Jemparingan Kodim Klaten -->

Iklan Semua Halaman

 


Jika ada yang mendapat intimidasi atau tindakan tidak menyenangkan lainnya dari anggota GNI, silahkan lapor ke redaksigni@gmail.com, untuk pengiriman berita kegiatan kampus, sekolah , sosial kemasyarakatan, lainnya silahkan di nomor center kami

 




Babinsa Cawas ikuti latihan dan lestarikan budaya Tradisional Jemparingan Kodim Klaten

8/27/2019

Global News Indonesia-Klaten; Babinsa Koramil 20 Cawas Serka Sriyono bersama Serka Didik Triyanta ikut latihan guna melestarikan budaya Tradisional bertempat di lapangan Barepan Kecamatan  Cawas Kabupaten Klaten, Selasa ( 27/2/2019)

Jemparingan adalah Merupakan Suatu seni Memanah tradisional khas gaya Mataram. Seni memanah ini pada beberapa tahun belakangan mulai marak di kalangan masyarakat Klaten, Yogyakarta sejalan dengan kesadaran masyarakatnya untuk melestarikan budaya peninggalan para leluhur.

Dalam kesempatan ini Serka Sriyono dengan rekannya yang ikut berlatih mengatakan bahwa seni memanah tradisional ini sangat unik karena masih Mengutamakan tata cara dan budaya tradisional.

Jemparingan dilakukan dalam keadaan posisi duduk dan para pemanah memakai busana baju adat. Kegiatan latihan panahan Jemparingan Mataram di wilayah Kecamatan Cawas ini Rencananya akan diadakan dalam setiap bulan sekali.

Serka Sriyono berharap supaya nantinya diwilayah Kecamatan Cawas terutama generasi mudanya mampu dan bisa melestarikan budaya yang merupakan tradisi dari prajurit keraton, selain itu pula nantinya diharapkan muncul para atlit atlit panahan dari wilayah kecamatan Cawas harapnya. (Kodim Klaten IT)